Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 23 Februari 2014

Punya Blog? Bukan Hanya Wartawan Saja.


Sedikit yang bisa saya paparkan dari hasil pemikiran saya sebagai berikut tentang bagaimana harusnya para wartawan online mesti memiliki blog pribadi. Kenapa? Itu pertanyaannya.

Pertama kita harus tau dulu apa sih blog itu? Saya kutip dari wikipedia.org  Blog merupakan singkatan dari web log [1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. 

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Untuk itu kalian pasti taukan bagaimana pentingnya blog itu bagi kita dan juga termasuk bagi para wartawan, selain sebagai tempat menyimpan segala bentuk informasi yang tidak semuanya hasil liputan di beritakan namun dengan blog bisa sebagai alternatif lain bagi kita untuk menyimpan segala bentuk informasi, pengalaman serta lainnya untuk disebarluaskan dan dapat diketahui oleh orang banyak termasuk para blogger dan juga pengguna internet lainnya sepert facebook, twitter, google + yang bisa kita share.

Diluar dari kajian kita tentang bagaimana wartawan itu harus punya blog, disisi lain saya pernah mendengarkan dari dosen Jurnalisme Online ketika saya mempelajarinya dikampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, seorang Dosen yang biasa disapa dengan nama Pak Romel yang memiliki sebuah website Romeltea.com serta beliau adalah seorang yang memberikan ilmu kepada mahasiswanya dengan mengajarkan bagaimana cara membuat blog yang friendly SEO, dan juga bisa menghasilkan banyak uang bagi kita. 

Beliau menegaskan kepada kami untuk menggunakan blog dan juga mengenalkanTemplates yang tepat bagi kita karna SEO Friendly yang mana fungsi tersebut agar google mampu membacablog kita dan menjadikan kita lebih mudah di mesin pencarinya.

Oh iya kalaian mau tau ga apa keuntungan dari ngeblog itu, selain kita menyebarkan informasi dengan berbagai macam postingan kita, kita juga dapat menghasilkan uang loh. Mau bukti? Coba aja deh kalian seriuis ngeblogging. Saya juga sedang mencobanya..

Ada banyak nantinya iklan-iklan yang bisa tertarik dengan blog kita, yang akan membayar kita jika ada pengunjung yang mengklik iklan yang kita tampilkan. penyedia content yang menawarkan kode iklan (AdSense,Text Link-Ads,AdBrite,dll) pada blog kita.

Mungkin segitu saja pendapat saya tentang blog, jadi blog itu penting bukan hanya bagi wartawan online tapi juga semua orang yang aktif didunia internet, begitu praktis, serta menghasilkan bukan?

[1]  Blood, Rebecca (September 7, 2000). "Weblogs: A History And Perspective"

2 komentar:

  1. ubah alignment justify menjadi "left". baca panduan menggunakan template blog johny wuss/johny template > http://contohblognih.blogspot.com/2013/10/Peringatan-buat-Blogger-Pengguna-Template-Johny.html

    BalasHapus
  2. iya pak pantes pas saya buat udah di rubah alligmentnya.. oke pak makasih ..

    BalasHapus