Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 26 Februari 2014

Media Online: Pengertian dan Karakteristik


Pengertian Media Online

Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.

Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah,buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.

Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (wikipedia).

Secara teknis atau ”fisik”, media online yang juga disebut Digital Media adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasukblog), radio online, TV online, dan email.

Karakteristik Media Online

Karakteristik dan keunggulan media online dibandingkan ”media konvensional” (cetak/elektronik) antara lain:
1.    Kapasitas luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
2.    Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
3.    Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
4.    Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
5.    Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
6.    Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
7.    Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
8.    Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
9.    Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
10. Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji. (www.romeltea.com).*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar