Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 26 Februari 2014

Esensi Jurnalisme


Menurut saya esensi jurnalisme adalah yang pernah saya kutip dari seorang yang hadir kekampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu Janet Steele. 

Beliau menjelaskan 5 nilai Jurnalitik yang harus kita pegang sebagai esensi dari jurnalisme meski banyak yang menjelaskan lebih banyak dari ini. Seperti bukunya Bill Kovach dengan 9 Elemen Jurnalistik-nya serta AndreasHarsono dengan bukunya Agama Saya Jurnalisme.

Menurut Janet, nilai pertama yang harus dimiliki adalah Kebenaran, sama seperti yang dijelaskan oleh Bill Kovach dan Rosentiel serta Andreas Harsono Kebenaran adalah pokok utama dari esensi Jurnalisme. Meski kebenaran itu bersifat relatif sebab kebenaran yang kita pandang akan berbeda dengan apa yang dipandang oleh oranglain. 

Tapi kebenaran itu akan jelas dari bagaimana kita menyampaikan informasi secara akurat serta terus di koreksi, sebab kebenaran tidaklah selalu bersifat mutlak.

Selanjutnya adalah Verifikasi, disiplin ini wartawan mampu untuk menyaring segala macam bentuk informasi, desas-desus, gosip, kekeliruan, manipulasi, guna mendapatkan informasi yang akurat. Pada jurnalisme setiap pemeberitaan tidak bisa dimasuki fiksi sedikitpun, jurnalisme itu harus dibuat sejelas-jelasnya.

Ketiga adalah Balance (seimbang), berarti bisa disebut adil. Wartawan disini harus mementingkan publik dan tidak memihak kepada siapapun, meski harus melawan pimred wartawan harus seyogyanya menyampaikan informasi yang sebenarnya. Jurnalisme itu harus memantau kekuasaan dan myambung lidah (rakyat) mereka yang tertindas, artinya ikut menegakkan demokrasi. 

Membuat berita yang berimbang tanpa saling menjatuhkan, yang berarti berita Cover Both Side. Wartawan bukan hakim yang bisa mengadili (Trial By The Press), wartawan hanya penyampai berita harus menjunjung Asa praduga tak bersalah. Itu juga masuk kedalam esensi yang ke-empat yaitu Justice (Adil).

Terakhir yang kelima adalah Independence from power (bebas dari kekuasaan), yaitu bebas dari segala bentuk macam tindak penindasan kepada wartawan, yang sebagaimana wartawan haruslah mengabdi kepada publik, meski pada nyatanya saat ini fenomena pers menjadi sangat kacau karna media saat ini dikuasai oleh para pelaku kepentingan. 

Kita harus belajar dari Bill Kovach yang menjadi salah satu Jurnalis Murni sehingga mendapatkan pernghargaan Pulitzer. Sudah selayaknya wartawan sekarnag harus membuat informasi yang bukan sekadarnya tapi yang benar-benar berkualitas dan berpihak pada publik yang menjadi tujuan akhirnya.

Selamat berjuang kepada kalian Insan Jurnalis, tulislah sesuai hati nurani. (SN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar